Ada 4 unsur yang menentukan berhasil atau tidaknya sebuah diskusi yaitu:
1. Pemimpin/ketua/moderator diskusi, tugasnya adalah:
a. Membuka diskusi
b. Mengumumkan masalah yang didiskusikan
c. Mengumumkan aturan main diskusi
d. Mengendalikan dan mengatur jalannya diskusi agar tetap berjalan baik, hidup, efisien dan efektif
e. Memberi kesempatan pada semua peserta
f. Membuat catatan selama diskusi
g. Mengumumkan hasil diskusi
h. Menutup diskusi
2. Sekretaris bertugas mencatat jalannya diskusi, masalah - masalah yang diajukan peserta, saran maupun jawaban penyaji dari awal sampai akhir.
3.Peserta diskusi bertugas untuk berperan aktif dalam mengikuti jalannya diskusi, menciptakan suasana yang kondusif dan saling menghargai.
4. Penyaji, pemakalah atau penulis bertugas menyampaikan pembahasan dengan sistematis, mudah dipahami, tidak menyinggung perasaan peserta, terbuka dan objektif dalam menilai suatu masalah.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Terimakasih untuk informasinya ya, bermanfaat banget.
BalasHapusOh ya, sekedar nambahin informasi aja nih. Bagi yang membutuhkan Sewa Genset Syncronize Jakarta untuk keperluan berbagai acara seperti konser, pernikahan, meetup, atau lainnya bisa coba hubungi kami Arthur Teknik. Dengan senang hati, kami akan siap membantu Anda.
Terimakasih lagi min,
Salam blogger.